Internasionalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia [4]

Posted on Updated on

Melalui pendidikan maka seseorang harus mampu mengembangkan: kemampuan mengantisipasi, mengerti/mengatasi situasi yang dapat mengembangkan kemampuan dan sikap peserta didik untuk menangani dan berhadapan dengan situasi baru, dapat mengakomodasi perkembangan teknologi informasi yang pesat dan segala perubahan yang ditimbulkannya, serta persepsi dan wawasan tentang dunia perlu diorientasikan kembali karena perkembangan teknologi informasi dan perubahan sosial yang cepat sehingga memperoleh wawasan yang semakin luas.

Program yang dapat diselenggarakan dalam menunjang Internasionalisasi Pendidikan Tinggi seperti: bekerja dengan kementerian dan mitra perguruan tinggi luar negeri untuk mengembangkan strategi, kebijakan, dan praktik untuk mengembangkan sumber daya manusia yang diperlukan Indonesia untuk bergerak menuju perekonomian berbasis pengetahuan; mendorong diskusi lokal dan internasional mengenai isu-isu pendidikan tinggi dan tantangannya; mendukung kebijakan pemerintah untuk meningkatkan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi melalui pendidikan yang mencerminkan kebutuhan pengusaha; serta mendukung dan berpartisipasi dalam mengembangkan jaringan profesional yang mendorong penyebaran informasi dan dialog.

Kegiatan yang dapat diupayakan Perguruan Tinggi Keagamaan Indonesia (PTKI) dalam menunjang program internasionalisasi ini meliputi: adanya kebijakan global dan dialog pendidikan, kemitraan pengetahuan pendidikan, keterlibatan alumni PTKI melalui sejumlah inisiatif dan kegiatan yang meningkatkan mobilitas mahasiswa, dan mengadakan layanan untuk pemasaran pendidikan internasional.

Daftar Pustaka

Abdullah Idi, Dinamika Sosiologis Indonesia: Agama dan Pendidikan dalam Perubahan Sosial, Yogyakarta: LKiS Printing Cemerlang, 2015.
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.
H. Alamsyah Ratu Perwiranegara, Pembinaan Pendidikan Agama, Depag RI, Jakarta, 1982.
Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis: Suatu Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Prenada Media, Jakarta, 2004.
Diding Nurdin dan Imam Sibaweh, Pengelolaan Pendidikan: Dari Teori Menuju Implementasi, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2015.
Francis Wahono, Kekerasan dalam Pendidikan: Suatu Tinjauan Sosio-Ekonomis Didaktika, Wacana: Jurnal Ilmu Sosial Transformatif, Edisi 9 Tahun III, 2002.
Hasan Langgulung, Teori-teori Kesehatan Analisa sikologi dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989.
Oemar Muhammad at-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Diterjemahkan Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Ramayulis, Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2015.
Penjelasan atas Peraturan Presiden No. 11 tahun 1960 tentang Pembentukan IAIN dalam Tambahan Lembaran Negara No. 1993.
Team Penyusun, Buku Pedoman IAIN Syarif Hidayatullah, IAIN Jakarta, 1976.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s