Internasionalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia [1]

Posted on Updated on

Kehadiran Institut Agama Islam Negeri (IAIN) tidak terlepas dari cita-cita ummat Islam Indonesia untuk memajukan ajaran-ajaran Islam di Indonesia. IAIN merupakan perkembangan lebih lanjut dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang terletak di Yogyakarta dan Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) di Jakarta, yang didirikan tanggal 1 Juni 1957. Dilihat dari segi usia ini, IAIN sebetulnya termasuk perguruan tinggi yang relatif cukup mapan di tanah air.

Dalam tujuan IAIN, hal ini dapat disimak bahwa antara lain IAIN dimaksudkan untuk memperbaiki dan memajukan pendidikan tenaga ahli agama Islam guna keperluan pemerintah dan masyarakat. Selanjutnya, dalam Pasal 2 Peraturan Presiden RI No. 11 tahun 1960 tentang Pembentukan IAIN ditegaskan, Institut Agama Islam Negeri bermaksud untuk memberikan pengajaran tinggi dan menjadi pusat untuk memperkembangkan dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang agama Islam. Dengan mempertinggi taraf pendidikan dalam lapangan agama dan ilmu pengetahuan Islam adalah berarti mepertinggi taraf kehidupan bangsa Indonesia dalam lapangan kerohanian (spiritual) dan ataupun dalam taraf intelektualisme-nya.

IAIN mempunyai tugas sebagai wadah penyiapan penafsir Islam dan kemudian untuk dikomunikasikan kepada masyarakat luas. Interpretasi baru yang diberikan terhadap ajaran Islam dengan demikian haruslah dapat dikomunikasikannya dengan bahasa yang jelas dan dimengerti masyarakat. Di sinilah IAIN dapat menempatkan dirinya pada tempat yang terhormat untuk kemajuan ummat Islam dan bangsa Indonesia.

Dalam upaya mengakomodir berbagai tujuan dan harapan tersebut selayaknya proses pendidikan di IAIN haruslah tidak terjebak dalam sistim yang terlalu kaku; yang sangat terpaku pada teori-teori pendidikan, kurikulum, silabus baku dan teknik pengajaran konvensional; sehingga dibutuhkan adanya reformasi kurikulum yang menunjang tujuan dan harapan tersebut.

Untuk melihat lebih lanjut bagaimana analisis kurikulum IAIN dalam internasionalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Indonesia (PTKI) ini perlu diketahui: bagaimana analisis perspektif global dalam pengelolaan pendidikan khususnya PTKI, dan bagaimana kurikulum pendidikan tinggi yang mendukung internalisasi PTKI. Adapun makalah ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum IAIN dalam internasionalisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Indonesia (PTKI) dengan mengetahui: perspektif global dalam pengelolaan pendidikan khususnya PTKI, dan kurikulum pendidikan tinggi yang mendukung internalisasi PTKI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s