Kebijakan dan Pengembangan Madrasah [4]

Posted on Updated on

Dalam menganalisis kebijakan dan pengembangan madrasah ini ditinjau tentang teori mengenai pengertian madrasah, dan kontribusi anggaran pendidikan pemerintah terhadap pendidikan Islam; yang bertujuan untuk mengetahui dampak kebijakan pemerintah dalam hal pendidikan terhadap reposisi pendidikan madrasah di Indonesia, dan peran Kementerian Agama dalam kebijakan dan pengembangan madrasah di Indonesia.

Kebijakan pengembangan madrasah yang dilakukan oleh Kementerian Agama selama ini mengakomodasikan tiga kepentingan, yaitu: memberikan ruang tumbuh yang wajar bagi aspirasi utama ummat Islam, memperjelas dan memperkokoh keberadaan madrasah sebagai ajang membina warga negara yang cerdas, berpengetahuan, berkepribadian serta produktif dan sederajat dengan sistem sekolah; dan kebijakan itu harus bisa menjadikan madrasah mampu merespons tuntutan-tuntutan masa depan. Madrasah perlu merumuskan kembali posisinya atau reposisi madrasah, apabila tidak demikian, maka madrasah akan kehilangan identitasnya dan menjadi seperti sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah selama ini.

Permasalahan dalam kontribusi anggaran Pemerintah bukan pada regulasi, namun pada komitmen pemerintah daerah untuk mendanai pelaksanaan pendidikan Islam. Adanya pengaturan atau regulasi yang baik sesuai dengan amanat UU yang ada, di mana pemberlakuannya tidak membedakan antara lembaga pendidikan umum dengan lembaga pendidikan Islam, baik dalam segi anggaran keuangan maupun pengelolaannya.

Daftar Pustaka

Azizy, A. Qodry, Pendidikan untuk Membangun Etika-Sosial, Semarang: Aneka Ilmu, 2003.
Hasbullah, Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Jalaludin, Pendidikan Islam: Pendekatan Sistem dan Proses, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Koentjaraningrat, Manusia dan Kebidayaan Indonesia, Jakarta: Djembatan, 2010.
Malik Fadjar, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.
Tilaar, H.A.R., Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Tim EMIS Kemenag RI, Buku Analisis Statistik Pendidikan Islam: Tahun Pelajaran 2011/2012, Jakarta: Ditjen Pendis Kemenag RI, 2012.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s