Sinergi Interaksi Edukatif dengan Media Sosial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah [1]

Posted on Updated on

Adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cukup pesat dewasa ini sangat berpengaruh kepada hampir setiap bidang kehidupan yang dijalani ummat manusia di abad ke-21. Dalam hal ini bidang pendidikan dihadapkan pada tantangan era globalisasi yang dituntut untuk beradaptasi secara optimal dalam perkembangan zaman. Seluruh komponen pendidikan harus bisa menyesuaikan diri ke dalam pesatnya laju perkembangan dunia teknologi, baik dari sisi lembaga, pendidik, maupun peserta didik.

Kecenderungan yang terjadi saat ini peserta didik yang lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi bila dibandingkan dengan pendidik atau lembaga, di mana hal ini akan berdampak negatif terhadap proses pembelajaran karena adanya kesenjangan pemahaman akan pemanfaatan teknologi komunikasi-informatif yang semestinya harus dapat digunakan secara optimal untuk peningkatan mutu pendidikan.

Media sosial yang sedang marak di kalangan remaja, dalam hal ini peserta didik, sangat berperan aktif di dalam kehidupan mereka terutama yang tinggal di kota-kota besar. Gaya pergaulan sosial pelajar saat ini dengan pengaruh media-sosial (online interaction) yang cenderung mengurangi interaksi edukatif (physical interaction). Padahal sekolah atau madrasah tempat siswa belajar merupakan lingkungan masyarakat edukatif di mana siswa dituntut untuk berperan aktif dalam interaksi edukatif, bukan hanya pasif seperti pergaulan dunia-maya melalui media sosial.

Penggunaan media sosial dengan frekuensi yang tinggi di kalangan pelajar ini tentunya memiliki dampak positif dan negatif terhadap kelangsungan proses pendidikan di sekolah atau madrasah. Dalam makalah ini menitik-beratkan pembahasan yang terjadi di lingkungan madrasah aliyah, dengan permasalahan:

  • Bagaimana pengaruh interaksi edukatif terhadap mutu pembelajaran madrasah?
  • Bagaimana pengaruh penggunaan media sosial terhadap mutu pembelajaran madrasah?

Diharapkan adanya pemecahan masalah terhadap fenomena ini demi masa depan pendidikan madrasah dalam menghadapi tantangan kemajuan zaman khususnya perkembangan teknologi di era globalisasi, dalam hal ini mencari cara atau metode kombinasi antara interaksi edukatif (offline) dengan media sosial (online) sehingga menjadi suatu sinergi yang efektif dalam model pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran madrasah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s