Revitalisasi Kontribusi Ilmuwan Islam dalam Dunia Ilmu Pengetahuan [1]

Posted on Updated on

Ilmu pengetahuan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari ajaran agama Islam, dalam berbagai bentuk kata ilmu ini dijumpai sebanyak 854 kali yang terdapat di kita suci al-Qur’an. Ilmu bukan sekedar pengetahuan, tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya.

Di zaman modern saat ini ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan dalam kemajuan suatu bangsa, serta ilmu tersebut akan berpengaruh terhadap taraf ekonomi, sosial dan intelektual seseorang. Dari tahun ke tahun ilmu pengetahuan sudah berkembang dengan pesat. Bahkan untuk elemen/unsur tertentu ilmu pengetahuan merupakan suatu kebutuhan primer. Islam sangat memperhatikan pentingnya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam kehidupan dalam umat manusia. Martabat manusia di samping ditentukan oleh peribadahannya kepada Allah, juga ditentukan oleh kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan di dalam al-Qur’an sendiri Allah menyatakan bahwa hanya orang yang berilmulah yang benar takut kepada Allah.

Sumber utama dari ilmu pengetahuan dalam Islam adalah kitab suci al-Qur’an, yang merupakan kebenaran langsung disampaikan Allah kepada Rasulullah. Karena hal ini maka dimana ilmu yang berguna untuk kehidupan di dunia dan di akhirat wajib dipelajari, dan merupakan kurikulum pada lembaga pendidikan Islam. Oleh karena itu di lembaga pendidikan Islam tidak terdapat dikotomi ilmu agama dan ilmu umum, karena semua ilmu itu adalah ilmu keislaman.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata revitalisasi berarti proses, cara, perbuatan menghidupkan atau menggiatkan kembali. Sedangkan arti kata kontribusi adalah sumbangan.

Adapun masalah yang ditelaah dalam makalah ini tentang bagaimana upaya yang bisa dilakukan untuk revitalisasi (menggiatkan kembali) peran serta kontribusi (sumbangan) ilmuwan Islam dengan pemikiran Islami dalam dunia ilmu pengetahuan.

Tulisan ini bertujuan untuk mencari upaya pemecahan masalah yang dihadapi oleh dunia Islam dewasa ini dari bidang kontribusi pemikiran ilmuwan Islam terhadap dunia ilmu pengetahuan, sehingga nantinya diharapkan para ilmuwan Islam dapat kembali berperan serta aktif lagi menyumbangkan pemikiran Islami dalam dunia ilmu pengetahuan.

Advertisements

One thought on “Revitalisasi Kontribusi Ilmuwan Islam dalam Dunia Ilmu Pengetahuan [1]

    Nadia said:
    April 19, 2017 at 9:28 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s