Pemikiran Filosofis Pendidikan Islam Klasik [4]

Posted on Updated on

Perkembangan pendidikan Islam mulai dari periode Rasulullah Nabi Muhammad saw. sampai ke Dinasti Abasiyah semakin menyempurnakan dunia pendidikan Islam sejalan dengan situasi dan kondisi pada masanya masing-masing. Adapun misi pendidikan Islam pada hakikatnya mewujudkan manusia sempurna dibekali akhlak mulia yang diimbangi dengan kesehatan jasmani-rohani untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan hidup guna mengolah bumi yang diciptakan Allah SWT sehingga dapat memanfaatkannya demi kesejahteraan ummat manusia.

Kesimpulan

Pendidikan Islam sejak periode Rasulullah Nabi Muhammad saw. yang sederhana namun kompleks muatannya sampai ke Dinasti Abasiyah yang menjadi acuan pendidikan ilmu pada zaman itu, semakin menyempurnakan sistemnya mulai dari visi-misi-tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, sasaran (peserta didik), tenaga pendidik, metode/pendekatan pembelajaran, tempat pembelajaran (lembaga pendidikan), pembiayaan-fasilitas pendidikan, sampai pada evaluasi dan lulusan pendidikan.

Saran

Pada sistem pendidikan zaman Bani Umayyah dan Dinasti Abasiyah di lembaga pendidikan Islam tidak terdapat dikotomi ilmu agama dan ilmu umum, karena semua ilmu itu adalah ilmu keislaman, sehingga pada saat itu Islam telah memberikan pengaruh yang besar, tak hanya bagi ummat Islam, melainkan bagi dunia pada umumnya. Dengan tidak membedakan antara ilmu agama dengan ilmu pengetahuan diharapkan adanya revitalisasi mutu para pemikir/sarjana Islam sehingga dapat kembali berperan serta aktif dalam kontribusi pemikiran Islami baik segi ilmu agama maupun segi dunia ilmu pengetahuan pada umumnya.

Daftar Pustaka

  • A. Syalabi, Sejarah dan Kebudayaan Islam, (terj,) H. Mukhtar Yahya dan M. Sanusi Latief, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1983, cet. I.
  • Abudin Nata, Sosiologi Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
  • Abudin Nata, Pendidikan dalam Perspektif Hadist, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
  • Abdullah Idi, Etika Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
  • George Thomas White Petrick, dalam H. M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
  • Ramayulis, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2015.
  • Syafi’i Antonio, Muhammad SAW the Super Leader Super Manager, Jakarta: Prophet Leadership & Management Centre (PLM), 2007, cet. IV.
  • Syekh Ahmad Farid, 60 Biografi Ulama Salaf, (terj.) Masturi Ilham, dari judul asli Min A’lam as-Salaf, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2006.
  • Zuhairi dan Tim Penulis, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Ditjen Bimbaga Islam, 1986.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s