Penerapan Manajemen Pengetahuan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi [4]

Posted on Updated on

Berdasarkan teori sosiologi pendidikan dan teori sosial informatika ini menggunakan pendekatan manajemen pengetahuan untuk lembaga pendidikan perguruan tinggi di mana sistim informasi yang terintegrasi di dalamnya dapat diberdayakan guna peningkatan kualitas administrasi dan pembelajaran yang lebih bermutu.

Perguruan tinggi memiliki kesempatan yang sama dengan organisasi perusahaan untuk memberdayakan manajemen pengetahuan untuk menunjang seluruh aspek dari pendidikan ke arah peningkatan kualitas baik dalam hal layanan administrasi maupun proses pembelajaran. Penerapan manajemen pengetahuan bagi perguruan tinggi dengan demokrasi data dan berbagi informasi dari/untuk semua orang/pihak yang semuanya mempunyai akses untuk menyumbang, ikut serta, interaksi, menumbuhkan dan mempelajari pengetahuan yang ada dalam/sekitar organisasi lembaga pendidikan.

Perguruan tinggi yang telah menerapkan manajemen pengetahuan selanjutnya diharapkan untuk lebih dalam lagi menilai evaluasi pendekatan manajemen pengetahuan ini dengan hasil manfaat yang telah diperoleh, membedakan pendekatan MP ini dengan penerapan teknologi dan manajemen sistim informasi (karena memang hal yang berbeda), melanjutkan penelitian yang didasarkan dari pendekatan MP ini, melanjutkan transformasi pendekatan MP ini ke dalam kelas untuk memperoleh proses pembelajaran dengan mutu yang lebih efektif, serta membagikan pengalaman penerapan MP ini dengan institusi PT lainnya sehingga ke depan memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam kebijakan kurikulum pendidikan tinggi oleh pemerintah setempat.

Daftar Pustaka

  • Idi, Abdullah. 2014. Sosiologi Pendidikan: Individu, Masyarakat dan Pendidikan, Edisi ke-4. Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.
  • Pascu, C., et al. (2008), “Social computing: implications for the EU innovation landscape”, Foresight: the Journal of Futures Studies, Strategic Thinking and Policy. Vol.10 no.1
  • O’Dell, C. and C. J. Grayson Jr. (1998), If Only We Knew What We Know: The Transfer of Internal Knowledge and Best Practice, Free Press, New York
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s