Penerapan Manajemen Pengetahuan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi [1]

Posted on Updated on

Kemajuan teknologi informasi jelas membawa pengaruh positif maupun negatif terhadap kehidupan sosial-budaya masyarakat. Secara positif kemajuan teknologi informasi memberikan kemungkinan bagi terselenggaranya komunikasi secara lebih baik dan lebih luas jangkauannya. Kemajuan teknologi informasi modern dirasakan manfaatnya bagi negara-negara yang sedang membangun. Dalam proses pemanfaatan teknologi informasi yang sangat penting adalah mempersiapkan diri dalam penggunaan teknologi tersebut termasuk di dalamnya pembelajaran sikap mental, disiplin kepribadian, ketrampilan dasar dan kemampuan menyusun suatu sistem informasi dalam skala nasional melalui pendidikan yang sesuai untuk mampu beradaptasi secara positif sehingga dapat diberdayakan guna meningkatkan kualitas kehidupan.

Dewasa ini sudah banyak lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi (PT) yang telah memiliki sistim informasi, namun terkendala dalam penerapan sehingga belum efektif untuk pembagian informasi yang dibutuhkan guna menunjang proses administasi dan pembelajaran.

Hal ini terlihat dari kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu untuk menganalisa data sehingga dapat menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan. Beberapa bidang yang terpisah dalam lembaga pendidikan menggunakan media teknologi atau aplikasi yang berbeda dalam mengumpulkan data dan mengolahnya menjadi informasi sehingga mengakibatkan tidak seragamnya informasi yang diperoleh. Tenaga ahli yang ada hanya memahami dari sisi perangkat keras (hardware) namun penerapannya melalui perangkat lunak (software) kurang sesuai dalam data dan informasi yang dibutuhkan. Informasi dan analisa yang sudah ada terkadang masih tertutup sehingga tidak semua pihak mendapatkan izin akses penggunaannya. Banyak pendidik dan pegawai administrasi yang telah menyaksikan adanya praktik manipulasi data sehingga mengurangi kepercayaan mereka terhadap informasi yang ada.

Adapun masalah yang ditelaah dalam makalah ini tentang kurangnya integrasi teknologi dalam lembaga pendidikan (administrasi PT) dan proses pembelajaran (kurikulum PT) untuk meningkatkan kualitas tujuan baik organisasi (administrasi yang lebih bermutu) maupun pendidikan (lulusan yang lebih bermutu).

TulisanĀ ini bertujuan untuk mencari upaya pemecahan masalah tersebut sehingga sistim informasi yang ada dalam lembaga pendidikan perguruan tinggi dapat diberdayakan guna peningkatan kualitas administrasi dan pembelajaran yang lebih bermutu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s